11 Rekomendasi Playlist Lagu yang Bangkitkan Semangat Perlawanan Rakyat. Lagu Galau Minggir Dulu!

Di saat-saat seperti ini, rasanya hati menolak untuk galau-galau dulu. Masalah melankolia disampingkan, aktivisme digalakan. Untuk memfasilitasi itu, Hipwee Hiburan ingin merekomendasikan lagu-lagu asyik yang sesuai diperdengarkan dalam suasana begini.

Beberapa lagu ini mungkin cuma contoh bagaimana perlawanan juga digalakan lewat musik dan lirik. Karya-karya seperti ini menandakan kalau perjuangan itu nggak melulu harus dimulai di jalanan. Justru lewat pemikiran, kita lalu bisa merumuskan tindakan. Yuk, resapi!

1. Melalui intisari simbol perjuangan mahasiswa, yaitu Soe Hok Gie, dibuatlah sebuah film berjudul Gie yang juga melahirkan lagu tema berjudul sama

2. Masih dari film yang sama, lagu berjudul “Cahaya Bulan” oleh Eross dan Okta juga menceritakan kegamangan seorang pemikir yang peduli sama negeri ini. Relate banget

3. Mulai agak nge-beat dikit nih. Efek Rumah Kaca bertahun-tahun lalu sudah menyuarakan ‘protes’ lewat lagu berjudul “Mosi Tidak Percaya”

4. Masih dari band Efek Rumah Kaca, lagu yang berjudul “Di Udara” sebenarnya menyindir banget. Tentang teror dan represi dari pihak yang katanya berkuasa~

5. Jangan salah, lagu zaman sekarang juga ada yang menyuarakan perlawanan kok! Feast mempersembahkan lagu berjudul “Peradaban” biar kita melek

6. Meskipun Jason Ranti nggak nyanyi di TV, tapi kamu perlu ngerti. Lagu yang berjudul “Suci Maksimal” ini nggak mencerminkan pemikiran minimalis

7. Meski liriknya nggak bisa kamu pahami kalau sekelebat mendengarkan, kamu bakal merasakan sebuah kegamangan sekaligus kedamaian dari lagu Melancholic Bitch berjudul “Bioskop, Pisau Lipat”

8. Lagu ini bisa dibilang legenda sih. “Lagu Pejalan” yang adem ini saja cukup bikin jiwa kritis kita terbakar, coba deh resapi

9. Jangan lupakan “Lagu Rimba” dari Marjinal yang juga sedap-sedap semangat kalau didengarkan. Berdendang nggak melulu melepaskan otak dan nurani kita kok

10. Ngomongin soal sindiran terhadap pemerintah, kita akrab dengan lagunya Iwan Fals yang berjudul “Surat Untuk Wakil Rakyat”. Liriknya memang penuh gugatan buat anggota dewan

11. Jangan upakan juga lagu Slank yang santuy ini. Meski santuy, tapi “Seperti Para Koruptor” lumayan menampar kondisi sosial politik sekarang

Pokoknya lagu “Entah Apa yang Merasukimu” ala Tik Tok bakalan nggak menghantui kepalamu lagi deh kalau mendengarkan playlist lagu perlawanan yang suasananya lebih tegas dan menggugat. Lewat musik, perlawanan dan protes juga bisa diajukan.

Kamu juga bisa menemukan daftar lagu serupa di Spotify dengan judul playlistLagu Perlawanan” biar kamu lebih semangat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/hiburan/playlist-lagu-perlawanan-rakyat/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply