13 Kesan Miris Warga Terdampak Karhutla di Sumatera & Kalimantan. Rasanya Bagai Hidup di Neraka

Featured Image

Bagi kita yang tinggal di luar Sumatera dan Kalimantan, peristiwa kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sana hanya bisa kita lihat dari pemberitaan media saja. Kita nggak benar-benar tahu bagaimana penderitaan mereka, apa yang mereka rasakan saat harus hidup di tengah kepungan asap. Meski Jokowi mengklaim bahwa pihaknya telah melakukan segala cara untuk memadamkan si jago merah, namun sampai sejauh ini belum ada perkembangan berarti soal kondisi di sana.

Kali ini Hipwee News & Feature telah mengumpulkan kesan-kesan sejumlah warga yang tinggal di wilayah-wilayah terdampak. Ada yang sampai sakit-sakitan, ada juga yang khawatir kondisi bayi yang tengah dikandungnya. Agar kita bisa turut merasakan penderitaan mereka, yuk, simak hasil survei kami ini bersama-sama.

1. Kejadian ini bukan baru kali ini aja terjadi. Kabut asap sudah jadi bencana tahunan yang dialami masyarakat di Kalimantan maupun Sumatera. Langkah pemerintah selama ini belum cukup mampu menghentikannya

Harusnya nggak cuma memanjatkan doa minta turun hujan, tapi juga harus ada langkah atau solusi tegas via aktual.com

2. Akibat kabut asap, banyak orang jadi terganggu aktivitasnya, termasuk saat berkendara. Nggak menutup kemungkinan juga muncul kecelakaan karena jarak pandang yang terbatas

Ngeri kalau udah sampai kecelakaan gara-gara jarak pandang yang cuma beberapa meter via aktual.com

3. Kebanyakan menghirup asap akan berdampak pada kesehatan, nggak sedikit yang merasa pusing dan lemas sehingga bekerja pun tidak bisa optimal

Berpengaruh ke performa kerja karena kondisi tubuh tidak fit via aktual.com

4. Nggak hanya para pekerja aja yang kena imbasnya, ibu-ibu rumah tangga juga merasakan betapa susahnya setiap akan pergi ke pasar. Alhasil terpaksa harus delivery yang pastinya bikin pengeluaran lebih boros

Ibu rumah tangga juga pusing tujuh keliling gara-gara asap via aktual.com

5. Saking pekatnya asap, kondisi kota sampai jadi kayak di film-film seperti Silent Hill, bikin mata perih dan dada sesak. Kasihan yang punya asma ya…

Suasana sangat mencekam bak di film Silent Hill via aktual.com

6. Seperti penderita asma satu ini yang harus menjalani terapi 2 minggu untuk menyembuhkan penyakitnya. Ia juga sempat kehilangan suara

Derita orang yang punya penyakit asma via aktual.com

7. Penderitaan makin bertambah ketika ada orang nggak punya hati yang justru membakar sampah di tengah kepungan asap. Bikin makin parah aja!

Di saat-saat genting masih ada aja orang yang nggak punya hati via aktual.com

8. Asap ternyata juga sudah mulai memasuki rumah-rumah. Mau pakai AC pun rasanya percuma. Mau di mana lagi mereka harus berlindung??

Ketika rumah sudah nggak bisa lagi melindungi penghuninya… via aktual.com

9. Akibatnya, tidur pun harus pakai masker. Bayangin aja gimana rasanya tidur dengan masker, pasti napasnya jadi nggak leluasa. Kasihan banget nggak sih…

Tidur pakai masker engap, mau nggak pakai makin engap karena asap via aktual.com

10. Kondisi di atas membuat banyak orangtua mengkhawatirkan anaknya. Jadi ingat bayi 4 bulan yang meninggal diduga karena asap kemarin

Para orangtua khawatir dengan kondisi anaknya via aktual.com

11. Demi menjaga kondisi anak-anak, proses belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan untuk sementara waktu. Kalau dipaksa juga kasihan, yang ada pada nggak konsentrasi

Sekolah terpaksa harus diliburkan via aktual.com

12. Selain anak-anak, bayi yang masih kecil juga harus merasakan penderitaan hidup di tengah kabut asap. Mereka sulit mendapat sinar matahari pagi padahal itu penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya

Kasihan, masih bayi sudah harus merasakan penderitaan akibat kabut asap 🙁 via aktual.com

13. Belum lagi pasti banyak ibu-ibu yang sedang hamil. Mereka juga patut dikhawatirkan kondisinya. Masalahnya, kalau si ibu terus-terusan menghirup asap, janin dalam kandungannya bisa terkena dampaknya

Asap bisa memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan via aktual.com

Melihat pengakuan beberapa warga terdampak di atas, rasanya semakin membuat kita prihatin atas kondisi mereka. Penderitaan itu begitu nyata, nggak sebatas apa yang kita lihat di media aja. Kita mungkin nggak ikut merasakan penderitaan mereka di sana, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan apapun. Saat ini sudah banyak pihak yang membuka donasi untuk korban-korban karhutla. Mari sisihkan sedikit rezekimu untuk bersama-sama #MelawanAsap.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/feature/kesan-warga-terdampak-karhutla/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply