4 Ajaran Sesat Puang Lalang, Mulai Klaim Bisa Perpanjang Umur Sampai Jual Tiket ke Surga!

Featured Image

Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menambah wawasan pengetahuan, termasuk ketika ingin memperdalam ilmu agama. Salah satu caranya adalah dengan mencari guru yang tepat. Namun sayangnya, nggak semua orang bisa dengan mudah menemukan guru yang dimaksud. Ada kalanya mereka mesti ‘tersesat’ dulu sebelum akhirnya mendapat petunjuk yang mengarahkan ke jalan yang benar.

Seperti yang dialami sejumlah warga di Gowa, Sulawesi Selatan. Mereka rupanya termakan iming-iming janji surgawi seorang syekh jadi-jadian bernama Puang Lalang. Karena menyebarkan aliran sesat, Puang pun diamankan pihak berwajib. Memang apa saja sih ajaran sesat si Puang ini?

1. Seperti kebanyakan penyebar aliran sesat di Indonesia, mereka pada ngaku sebagai nabi atau rasul, kayak si Puang satu ini. Pegikutnya pun ramai-ramai mempercayainya

Mengaku sebagai rasul via jateng.tribunnews.com

Puang Lalang ditangkap polisi setelah ajaran sesatnya terbongkar. Seperti yang diwartakan Kompas, dirinya mendirikan aliran Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf sejak tahun 1999. Puang juga mendapuk dirinya sendiri sebagai rasul dan menyebutnya sebagai mahaguru. Para pengikutnya percaya-percaya aja dengan statusnya itu. Karena dianggap sebagai rasul, semua perkataan Puang jadi dianggap benar.

2. Selain ngaku-ngaku jadi rasul, Puang juga mengklaim dirinya bisa memperpanjang umur pengikutnya. Waduh, kok canggih banget…

Bisa perpanjang umur via www.radarpena.id

Setelah membuat para pengikutnya percaya kalau dia rasul, Puang pun mengaku kalau ia bisa memperpanjang usia pengikutnya sampai 15 tahun! Sepertinya ini jadi salah satu iming-imingnya biar orang-orang pada mau mengikuti ajaran sesatnya. Ya, kalau pun bisa hidup dengan umur panjang, itu bukan kerjaannya Puang kali~

3. Ada juga pengakuan Puang lainnya yang lumayan bikin ‘geli’. Katanya ia menjual kartu surga yang harganya lebih murah dari paket data kita sebulan lo, Guys!

Jual tiket ke surga via jakartaglobe.id

Aduh, mau ketawa tapi kok gimana… Habisnya, masa iya si Puang ini pede banget dengan ngaku-ngaku pegang tiket ke surga. Siapa pun yang pengin masuk surga bisa membeli kartu surga di dia dengan harga yang —astagadragon— murah banget, masa cuma berkisar antara Rp10.000 sampai Rp50.000 doang?? Bahkan lebih murah dari harga paket data kita sebulan. Hadeh…

4. Nggak cuma sampai situ aja, katanya lagi nih, Puang Lalang mewajibkan para pengikutnya buat membayar zakat berdasarkan berat badan. Semakin gendut semakin mahal bayarnya 😀

Bayar zakat sesuai berat badan via radaraktual.com

Advertisement

Dalam agama Islam yang asli, membayar zakat memang wajib bagi yang mampu. Tapi mau kurus, mau gendut, tua, muda, tinggi, pendek, besarannya sama. Lain halnya sama ajaran sesat yang disebarkan Puang. Menurutnya, membayar zakat itu berdasarkan berat badan. Dalam hitungannya, 1 kg berat badan ‘dihargai’ Rp5.000. Jadi bisa dihitung sendiri berapa yang mesti dikeluarkan orang dengan berat badan 70 kg. Mahal sekali, bukan? 🙂

Yang bikin lebih gemas lagi, ternyata setelah ditelusuri, dana yang terkumpul dari zakat palsu dan kartu surga itu dikelola sendiri sama Puang Lalang. Jadi kemungkinan besar ya memang ada motif mendapatkan keuntungan dari menyebarkan aliran sesat itu. Duh, ada-ada aja lo. Jangan diikuti ya, Guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/feature/ajaran-sesat-puang-lalang/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply