4 Tips Agar Mangga Cepat Matang. Nggak Perlu Menunggu Lama atau Terpaksa Makan Mangga Muda

Featured Image

Pernah nggak sih kalian ingin menikmati mangga tapi susah banget untuk mencari yang benar-benar udah matang? Atau mungkin kalian menemukan mangga yang baru saja jatuh dari pohonnya namun masih muda, dan sayang banget kalau dibuang. Hal tersebut tentunya bikin kesel, apalagi bagi kalian yang lagi kebelet ngidam.

Nah untuk mengakali hal-hal tersebut, ternyata ada cara-cara unik dan simpel yang tentunya bisa kalian praktekkan untuk membuat mangga lebih cepat matang. Dengan begitu kalian nggak perlu berlama-lama menunggu untuk menikmati mangga manis. Simak yuk!

Cara populer dan yang selalu dilakukan oleh para ibu, dengan mengubur mangga di dalam beras kemudian ditutup

Meletakkan mangga di dalam beras via www.kompasiana.com

Selain sebagai pertolongan pertama ketika HP kalian basah, ternyata beras juga manjur untuk mempercepat kematangan buah lo, salah satunya adalah mangga ini. Kalau kita coba mencermati dapur yang berada di rumah, nggak jarang ibu menempatkan buah-buahan di dalam beras.

Hal tersebut rupanya bukan tanpa tujuan. Suhu hangat yang ada di dalam beras akan mempercepat proses kematangan mangga tersebut. Cukup hanya menaruhnya 1-2 hari saja, mangga muda kalian dijamin bakalan matang lebih cepat dan sempurna. Tapi jangan lupa untuk menutupnya juga ya!

Selain menguburnya dengan beras, menaruh mangga di kantong kertas juga manjur untuk mepercepat kematangan

Membungkus mangga dengan kantomg kertas via id.wikihow.com

Penggunaan paper bag alias kantong kertas ternyata punya banyak manfaat selain sifatnya yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dapat mempercepat kematangan buah. Caranya pun nggak perlu susah-susah, kalian hanya perlu menyimpan mangga muda kalian ke dalam kantong kertas dan menaruhnya di tempat gelap dalam rentang waktu 1-2 hari saja.

Advertisement

Memiliki sifat yang sama dengan beras, kantong kertas dapat menyimpan suhu hangat yang dibutuhkan oleh buah untuk mempercepat proses kematangan. Perlu diingat juga, jangan membungkus menggunakan plastik karena hanya akan menghambat udara segar yang akan mempengaruhi tingkat kematangan mangga menjadi tidak sempurna.

Meski butuh waktu “sedikit” lebih lama, menaruh mangga dalam ruang gelap dapat membantu untuk matang dengan sempurna

Kalian juga dapat menyimpannya di ruang yang terhidar dari matahari via id.wikihow.com

Jika kalian ingin matangnya lebih natural, menyimpan mangga di ruangan yang terhindar dari sinar matahari langsung juga sangat direkomendasikan. Namun perlu diingat, usahakan menyimpannya dalam satu wadah. Dan, pastikan ruangan tersebut tidak terpapar matahari secara langsung.

Mematangkan mangga dengan cara menyimpan di ruangan tertentu memang sedikit lebih lama, yaitu memerlukan waktu 2-4 hari. Tapi meskipun begitu, hasilnya bakalan lebih sempurna lo. Kalian bisa mengecek mangga tersebut udah benar-benar matang atau belum dengan memperhatikan tingkat kelembekannya. Jika sudah sedikit lebih lembek, berarti sudah matang. Mudah kan?

Ternyata mencampur mangga muda dengan mangga yang telah matang dapat membantu mempercepat proses kematangannya juga, perlu dicoba!

Mencampur mangga muda dengan mangga yang matang via businessmirror.com.ph

Jika sewaktu sekolah kalian memperhatikan pelajaran yang diberi oleh guru di kelas, pasti nggak asing dong dengan yang namanya reaksi kimia. Ya, hal tersebutlah yang terjadi ketika kalian mencampur mangga muda dengan mangga yang telah matang. Reaksi kimia yang terjadi saat kalian mencampur mangga-mangga tersebut akan mempengaruhi mangga yang masih muda untuk cepat matang.

Nah, mudah banget kan cara-caranya? Sekarang kalian nggak perlu menunggu waktu terlalu lama hanya demi menikmati manisnya mangga. Semua orang juga tau kok, kalau menunggu itu membosankan~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/tips/mangga-cepat-matang/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply