6 Jajanan Pasar yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis Bareng Teman. Besar Peluangnya Karena Jarang

Featured Image

Saat ngumpul bareng teman atau makan bareng, pernah nggak sih terbersit niat untuk berbisnis bareng? Salah satu lahan bisnis yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Nggak harus buka restoran, usaha kecil-kecilan bermodal gerobak sederhana dan memanfaatkan media sosial untuk promosi bisa jadi langkah awal untuk membangun bisnismu. Pun nggak harus menyajikan menu-menu besar. Karena di tangan anak milenial, banyak jajanan tradisional atau jajanan pasar yang bisa jadi produk andalan. Tinggal konsep packaging dan variannya saja yang harus diakali.

Nah, buat referensimu, berikut Hipwee Tips berikan beberapa resep jajanan pasar yang bisa kamu jadikan bisnis kuliner. Pelajari baik-baik, ya!

1. Tekstur empuk dan rasa nikmat dari Kue Pukis asal Banyumas yang menggoda lidah jadi peluang besar buat dijadikan ladang bisnis

Kue Pukis via sukamasak.com

Bahan-bahannya:

  • 4 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • 300 gr santan
  • 1 sdt ragi instan
  • Margarin secukupnya
  • Cokelat meses dan keju untuk topping

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang
  2. Sementara itu, ayak tepung lalu campur dengan ragi, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, kocok terus hingga rata. Lalu tambahkan santan, aduk rata. Diamkan selama 30 menit.
  4. Panaskan cetakan pukis dan olesi dengan margarin. Tuangkan adonan, taburi meses atau keju, lalu tutup hingga matang.
  5. Kamu bisa juga berkreasi dengan menambahkan pewarna makanan atau topping lainnya.

2. Putu Mayang, salah satu kue tradisional asal Betawi yang mirip gulungan mi ini punya tampilan yang berwarna-warni sehingga terlihat menarik dan menggugah selera

Putu Mayang via dapurmenel.com

Bahan putu mayang:

  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr tepung sagu
  • 550 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Pewarna makanan
  • Daun pisang untuk alas

Bahan kuah saus:

  • 200 gr gula merah, sisir halus
  • 25 gr gula pasir
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Masak tepung beras, gula pasir, garam dan santan sambil diaduk hingga menggumpal. Tambahkan tepung sagu sambil diuleni.
  2. Bagi adonan jadi beberapa bagian, beri warna sesuai selera. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang, tekan sambil ditampung di daun pisang yang sudah diolesi minyak sayur. Kukus hingga 15 menit.
  3. Untuk kuahnya, rebus gula merah, gula pasir, santan, daun pandan dan garam hingga mendidih. angkat dan saring.
  4. Sajikan putu mayang dengan kuah sausnya deh!

3. Aci digoreng alias Cireng khas Sunda bisa kamu pasarkan dengan berbagai variasi rasa agar lebih menarik perhatian

Cireng Isi via spiritriau.com

Bahan-bahannya:

  • 300 gr tepung kanji
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm garam halus
  • Gula pasir secukupnya
  • Daging ayam, bakso, atau keju untuk isian
  • Air mendidih secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat:     

  1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu, merica bubuk, garam, gula pasir, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  2. Ambil adonan, bentuk hingga pipih, iris bagian pinggirnya dan masukkan bahan isian.
  3. Goreng cireng dengan api kecil, bolak-balik sampai matang merata sampai bagian dalamnya.
  4. Cireng siap disajikan!

4. Lupis punya cita rasa yang khas, pas banget dijual di pagi hari buat camilan teman minum teh

Lupis Ketan via ibudanaku.com

Advertisement

Bahan lupis:

  • 500 gr beras ketan
  • 100 ml air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air untuk merendam ketan
  • 150 gr gula merah, sisir halus
  • 1 sdt tepung kanji
  • 100 ml air
  • 1/2 butir kelapa parut

Cara membuat:

  1. Cuci beras ketan lalu rendam semalaman, tiriskan.
  2. Campur beras ketan dengan air kapur sirih dan garam, aduk sampai rata dan bungkus dengan daun berbentuk segitiga. Lalu rebus kue lupis kira-kira satu jam hingga matang.
  3. Untuk sausnya, campurkan gula merah, tepung kanji, dan air. Rebus dengan api sedang sampai mendidih.
  4. Hidangkan lupis dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

5. Kombinasikan Risoles isi sayur atau daging dengan keju leleh agar rasanya makin istimewa

Bahan kulit:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk olesan

Bahan isian:

  • 3 lembar daging asap, potong-potong
  • 2 butir telur rebus, belah-belah
  • 150 gr keju cheddar, parut
  • 100 gr mayones
  • 2 sdm susu kental manis

Bahan pelapis:

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm susu cair
  • Tepung panir

Cara membuatnya:

  1. Untuk kulit: campur dan aduk bahan kulit sampai rata. Buat dadar tipis-tipis di teflon yang sudah diolesi minyak goreng.
  2. Untuk isian: campurkan mayones dengan susu kental manis. Sisihkan. Ambil dadar, taruh 1 potong telur rebus, 1 potong daging asap, keju parut secukupnya lalu beri 1/2 sdm campuran mayones lalu lipat.
  3. Untuk pelapis: kocok telur dengan susu cair. Celupkan risoles ke dalamnya lalu gulingkan di atas tepung panir hingga seluruh permukaan risoles tertutup tepung.
  4. Goreng risoles dalam minyak panas sampai warnanya kecokelatan. Angkat. Sajikan dengan cabai rawit atau sambal botolan.

6. Sajikan Kue Serabi yang dipadu dengan kuah durian khusus calon pelanggan yang doyan banget sama buah ini

Kue Serabi via www.masakapaya.com

Bahan serabi:

  • 200 gr tepung terigu
  • 400 ml santan cair, didihkan
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Bahan kuah durian:

  • 50 gr buah durian
  • 50 gr gula pasir
  • 500 ml santan kental
  • 100 ml santan cair
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr gula merah

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung, telur dan garam, aduk rata sambil menuangkan santan sedikit demi sedikit hingga jadi adonan kental.
  2. Panaskan teflon atau cetakan serabi. Oles sedikit minyak atau margarin. Tuang satu sendok sayur adonan. Masak dengan api kecil dan biarkan hingga berlubang-lubang dan matang. Angkat, sisihkan.
  3. Untuk kuahnya: campur santan, gula merah, gula pasir dan garam., rebus sambil diaduk-aduk. Masukkan santan cair dan durian. Masak lagi hingga mendidih sambil diaduk-aduk hingga kuah mengental.
  4. Sajikan serabi yang dituang dengan kuah durian.

Gimana, mudah bukan cara bikin jajanan-jajanan pasar yang bisa kamu jadikan ide bisnis kulineran? Asalkan kamu dan temanmu sama-sama niat dan bisa menjaga profesionalitas, kesuksesan di bisnis kuliner ini cukup mudah didapat kok!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/sukses/bisnis-jajanan-pasar/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply