6 Tipe Teman Kuliah yang Sebaiknya Segera Kamu Tinggalkan. Bikin Hidupmu Jadi Nggak Berkembang

Untuk menjadi mahasiswa yang produktif memang tidak mudah. Beberapa hal dapat menjadi kendala bagi kita untuk menjadi produktif. Salah satunya adalah teman. Masa kuliah merupakan tempat di mana kita bisa dapat teman sebanyak mungkin. Namun kita perlu waspada dengan beberapa teman yang memiliki sifat yang justru membuatmu tidak produktif selama masa kuliah.

Kita sering diberi nasihat oleh orangtua untuk berteman dengan siapa saja. Tapi kalau orangnya memiliki ciri-ciri berikut kamu perlu waspada karena bisa menghambat produktivitasmu. Kenali 6 ciri berikut supaya kamu bisa mendeteksi lebih cepat!

1. Teman yang ke mana-mana tidak mau sendiri. Intinya harus selalu sama kamu!

kemana-mana bareng, bosen! via www.freepik.com

Menghabiskan waktu bersama teman memang sangat menyenangkan. Tapi kalau menghabiskan hampir semua waktumu tentu nggak akan jadi menyenangkan lagi ‘kan? Ke kampus sama kamu, di kelas juga sama kamu, makan sama kamu, kerja tugas sama kamu belanja sama kamu dan bahkan sampai hal yang remeh juga harus sama kamu. Haduh!

Awalnya terkesan seperti teman dekat sih, tapi sebenarnya hal ini merugikan kamu lho. Kamu jadi tidak bisa fokus dengan apa yang ingin kamu lakukan dan tidak memiliki ruang pribadimu sendiri. Suatu hal yang harus kamu lakukan sendiri jadi tidak bisa dilakukan akibat kamu harus menemani temanmu.

2. Teman yang suka mengkritik tapi nggak pernah memberi solusi. Ia justru membuatmu tidak berkembang!

memberi kritik tapi tidak memberi solusi via www.freepik.com

Jika kamu memiliki teman yang selalu memberikan komentar terhadap apa yang kamu lakukan mungkin kamu bisa berpikir kembali. Komentar seperti apa yang biasanya dia keluarkan. Apakah itu berdampak positif untukmu atau malah sebaliknya. Pasti senang kalau selalu mendapat komentar yang positif dari teman. Tapi, kalau temanmu selalu memberikan komentar negatif alias mengkritik kamu setiap saat?

Advertisement

Jauh-jauh, deh, dari dia! Teman yang selalu mengkritik tanpa memberi solusi hanya akan membuatmu merasa rendah diri dan tidak membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. Mereka akan menghambatmu untuk berkembang.

3. Teman yang selalu mengajak hangout tanpa kenal waktu. Bikin waktu dan uangmu jadi terbuang sia-sia

main tanpa kenal waktu via www.freepik.com

Jika kamu menemui teman yang seperti ini perlu kamu waspadai. Pasalnya dia sering mengajakmu pergi tanpa kenal waktu. Berkedok ingin refreshing pasca ujian atau tugas kuliah yang menumpuk hal ini lantas menjadi sah-sah saja untuk dilakukan. Akhirnya waktu dan uangmu terbuang sia-sia, deh.

Akibat sering hangout dengan teman tanpa mengenal waktu, kamu yang rugi sendiri. Waktu yang bisa kamu gunakan untuk belajar atau mengerjakan tugas jadi tersita. Kesempatan kamu untuk jadi produktif jadi terbuang. Begitu juga dengan uang yang kamu keluarkan untuk pergi hangout. Kamu jadi tidak bisa menabung dan membeli barang sesuai dengan keinginanmu karena pengeluaranmu lebih banyak saat pergi bersama teman.

4. Teman yang selalu timbul tenggelam kalau lagi kerja kelompok. Di grup muncul, tapi waktu mengerjakan tugas hilang bagai ditelan bumi

kerja tugas sendiri karena teman nggak dateng via www.freepik.com

Minggu depan ada presentasi kelompok. Kamu sudah janjian sama teman-temanmumu untuk kerja kelompok. Hari H yang datang hanya kamu dan beberapa orang saja. Waktu kamu hubungi temanmu yang tidak datang, tidak ada tanda-tanda dari dia. Begitu kamu melihat media sosial, ternyata temanmu mengunggah status saat itu. Kesalnya sampai ke ubun-ubun ‘kan?

Teman yang kaya gini memang menyebalkan banget! Tugas yang harusnya ia kerjakan atau dikerjakan bersama-sama, terpaksa harus kamu kerjakan. Parahnya lagi dia mendapat nilai yang sama dari hasil usahamu dan teman yang lain yang mengerjakan.

5. Teman yang hobi pinjam catatan, padahal dia juga masuk kelas! Kesal tapi kadang suka nggak tega juga

waspada sama teman yang suka melihat catatanmu! via www.freepik.com

Pernah merasa berada di fase di mana kamu hanya dimanfaatkan? Ada teman yang hanya mendekatimu hanya karena dia perlu catatanmu. Ada juga teman yang rela mengiming-imingi hadiah hanya karena dia perlu melihat hasil tugasmu.

Teman yang seperti ini tentunya akan menghambat kamu. Jika ada teman yang seperti ini kamu berhak untuk menolaknya, kok. Bukannya memintamu untuk menjadi orang pelit, tapi hasil belajarmu perlu kamu apresiasi. Hasil usaha belajar dengan giat jadi terbuang sia-sia karena kamu memberikan hasil tugasmu kepada teman.

6. Teman yang hobinya mengaku belum belajar padahal sudah belajar. Tapi waktu ujian nilainya paling bagus sendiri…

hasil tes via www.freepik.com

Sudah belajar belum?

Belum nih, kalau kamu?

Duh sama! Aku belum belajar. Aku nggak ngerti apa-apa

Pernah mengalami salah satu percakapan di atas? Memang sih hanya percakapan biasa, tapi akan jadi luar biasa kalau temanmu yang mengaku belum belajar sama sekali ini, mendapat nilai tertinggi di kelas saat ujian. Pernyataan yang mengaku belum belajar secara tidak langsung bisa menstimulus kamu untuk tidak belajar dan juga merasa kalau kamu bukan satu-satunya orang yang belum belajar saat ujian.

Tapi beda ceritanya jika dia ternyata dia udah belajar sedangkan kamu belum. Tentu yang rugi adalah kamu sendiri. Jangan mudah terbuai dengan kata-kata teman yang ngaku belum belajar, ya. Tugas mahasiswa adalah belajar, dan itu harus kamu lakukan.

Bukan bermaksud membuatmu menjadi orang pemilih dan egois. Tapi kuliah adalah saat kamu belajar dan berdinamika secara mandiri. Kamu harus lebih bisa bijaksana dalam memilih temanmu. Lebih menyenangkan jika kita berteman dengan orang yang bisa mendukung kita bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/hubungan/tanda-teman-kuliah-yang-toxic/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply