9 Kendala Legenda dalam Pembuatan Skripsi. Setiap Tahun Sama Aja Problemnya, Tapi Nggak Teratasi juga

Buat mereka yang belum mulai mengerjakan skripsi, desas-desus soal betapa horornya tugas akhir ini pasti berkembang dari para kakak tingkat. Alhasil banyak yang takut duluan sebelum benar-benar menghadap dosen. Padahal ketahuilah, skripsi itu bukannya sulit, melainkan sulit banget!

Entah kenapa, masalah dan kedala dalam bikin skripsi dari tahun ke tahun itu sama aja. Makanya, buat yang belum bikin, mulai ancang-ancang untuk merencanakan solusinya deh. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut dan petiklah hidayah dari sini.

1. Menunggu dosen pembimbing hingga berjam-jam itu bukanlah hal asing. Memang begitu adanya, lebih nggak enak daripada antre dokter gigi

Begitulah skripsi, deritanya tiada akhir.

2. Seluruh umat mahasiswa pernah merasakan kemalasan hakiki sejak dalam bab niat. Bab I aja belum, Bos!

Niat itu bab paling sulit meskipun nggak ada revisi. via twitter.com

3. Teman yang sudah selesai, bukannya bikin semangat, malah bikin drop. Harus persiapkan mental dan sering ngobrol sama teman sepermainan, ya!

Konsultasi ke orang terdekat dan psikolog juga, ya! via twitter.com

4. Ganti judul adalah hal biasa. Kadang yang jadi kendala kalau judul barunya justru makin absurd dan nggak kamu sukai

Mungkin judulnya disukai dosennya. via twitter.com

5. Selain kendala teknis, kendala waktu juga nggak kalah ngeselin. Sering banget diundur-undur sampai mentok begini

Itulah yang bikin kita nggak bisa lulus tepat waktu. via twitter.com

6. Tuh, ada yang sampai ngegas di akun base segala~

Semangat mas, pasti kamu bisa kok! via twitter.com

7. Ada yang merasa ringan di awal, tapi benar-benar sulit di akhir. Memang kitanya harus aktif dan berusaha cari bahan refrensi sendiri. Saatnya latihan mandiri!

Nggak ada kata terlambat untuk jadi pintar. via twitter.com

8. Ini dia yang suka bikin pusing. Kitanya udah semangat, tapi sarananya nggak memadai. Laptopnya lemoooot~

Mau beli lagi pun belum ada uang. Hmmm. Cc: @awkarin via twitter.com

9. Ada juga nih yang seminarnya lancar, segalanya lancar deh. Eh, pas sidang justru dibantai. Ngeri!

Sabar, sabar, jangan misuh dulu. via twitter.com

Memang sih, ngerjain skripsi itu nggak semudah nyuruhnya. Selalu ada aja kendala yang bikin pusing kepala dan datang secara tiba-tiba. Tapi sadari aja kalau ngerjain skripsi adalah sebuah bagian dari pendewasaan perilaku dan pemikiran. Biar saat lulus jadi sarjana, beneran terasa perjuangannya dan bahagia pun nggak terkira.

[BONUS]

Semua orang yang ngerjain skripsi bakal mengeluh begini. Maka jangan lupa istirahat

Sama, aku juga! via twitter.com

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/hiburan/kendala-pembuatan-skripsi/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply