9 Rumus Efek Suara di Film. Yang Sangar-Sangar Ternyata Dibuat dari Hal Remeh Nggak Terpikirkan

Selama ini kalau menonton film, sebagian besar perhatian kita tertuju pada aspek visualnya. Kemegahan pengadeganan sampai pada shot artistik memang aspek penting yang memengaruhi kesan penonton saat nonton film. Tapi tahu nggak sih, aspek suara atau scorring dalam film itu nggak kalah penting? Suara bakal membantu penonton mendalami suasana dalam film biar seolah apa yang mereka lihat itu nyata.

Ternyata di balik pembuatan efek suara film ada hal-hal yang sebenarnya nggak terduga. Menciptakan efek suara degup jantung sampai percikan api itu nggak harus merekam suara aslinya. Para soundmaker punya rumus unik untuk menciptakan efek suara dari hal-hal remeh yang nggak terpikirkan. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut.

1. Kalau di dalam film ada suara percikan api, sebenarnya yang kamu dengar hanyalah suara seseorang yang lagi mecahin bubble wrap. Tuh, siapa yang suka iseng mecahin beginian?

Suaranya kayak ranting-ranting patah yang sedang dibakar api. via brightside.me

2. Nggak usah berharap kalau suara tendangan dan pukulan harus diciptakan dengan adegan yang serupa. Kasihan dong soundmakernya lebam-lebam. Mereka hanya mukul-mukulin daging sapi aja kok!

Kadang daging dijatuhin ke permukaan keras buat bikin suara pukulan ciamik. via brightside.me

3. Nggak perlu menunggu petir buat mereka suara gledeknya Thor. Lembaran aluminium yang dikibas-kibaskan sudah menghasilkan suara yang nggak kalah ngerinya

Jadi selama ini Thor hanyalah dewa aluminium. via brightside.me

4. Buat bikin suara tembakan nggak perlu repot-repot ke lapangan tembak kali… Cukup pakai staple gun atau paku tembak aja. Suara dijamin mirip banget

Repot juga kalau tiap suara tembakan harus direkam secara utuh dan asli. via brightside.me

5. Bahkan derak tapal kuda bisa disiasati pakai benturan batok kelapa. Hasil rekaman tinggal diperhalus dan diedit maka jadilah film koboy!

Beli batok kelapa sisaan di pasar juga jadi ini mah! via brightside.me

6. Yang ini nggak terduga banget sih. Suara rintik dan derasnya hujan diperagakan pakai suara meggoreng bacon. Coba deh kamu merem pas lagi menggoreng daging, mirip banget sama suara hujan tuh!

Untung nggak langsung inget makan gorengan kalau pas hujan. via brightside.me

7. Mulai sekarang kamu nggak punya alasan untuk ngeri sama film Godzilla karena suara erangan napas mereka itu adalah suara tiupan balon yang diedit sedemikian rupa

Merasa tertipu nggak nih? via brightside.me

8. Ketika seorang aktor sedang bertarung dan jatuh ke tanah kita suka dibuat ngilu karena suaranya. Padahal itu cuma suara buku jatuh

Soundmaker emang kreatif-kreatif banget! via brightside.me

9. Degupan jantung yang sering muncul saat ada scene berpelukan antara dua orang yang kasmaran itu fana bung! Aslinya itu suara tong sampah plastik yang digebukin sama soundmaker

Detak jantungmu itu sampah, Mz! Palsu! via brightside.me

Film adalah sebuah proses kreatif dlam berkarya. Nggak selamanya apa yang kamu lihat di film itu nyata. Begitu juga yang kamu dengar, nggak selamanya itu memang suara asli dari adegan tersebut. Untuk itu soundmaker hadir untuk membuat apa yang kamu dengar di film seolah nyata tanpa kamu tahu proses di baliknya. Canggih ya mereka!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/hiburan/efek-suara-film/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply