Air Terjun Tanggedu, Surga Tersembunyi di Sumba yang Harus Kamu Kunjungi. Indah dan Seger Banget!

Pulau Sumba terkenal dengan beragam destinasi eksotis yang memanjakan jiwa dan mata. Mulai dari bukit-bukit yang meliuk-liuk, pantai yang punya pohon menari, savana yang mirip Afrika, kampung adat yang cantik nan eksotis, tak ketinggalan air terjun tersembunyi yang indah dan menyegarkan.

Salah satu surga tersembunyi di Sumba adalah air terjun Tanggedu. Kenapa disebut tersembunyi ya karena lokasinya beneran tersembunyi banget di dalam hutan. Salut deh buat yang nemuin dan bikin jalur ke sana. Susah banget jalur menuju ke Tanggedu.

Air terjun Tanggedu relatif cukup jauh dengan medan yang sulit. Air terjun ini benar-benar tersembunyi di dalam hutan!

air terjun tanggedu via www.instagram.com

Berada di Sumba Timur, air terjun Tanggedu memang seperti oase di tengah gersangnya tanah Humba. Air terjun ini berasal dari air sungai yang mengalir di tengah hutan. Lokasinya berada di lembah yang curam. Secara geografis tempat ini memang cukup unik. Vegetasi di kawasan ini adalah bukit-bukit gersang dengan savana, namun seolah ada pengecualian dengan adanya air terjun ini. Aneh sih memang, tapi cantik air terjunnya. Bentuknya bertingkat dan airnya berwarna biru tosca. Cantik banget deh.

Perjalanan yang dibutuhkan dari parkiran kendaraan sampai ke air terjun bisa mencapai 30 menitan. Jalurnya menanjak, menurun dan amat terjal!

jalur menuju tanggedu via www.instagram.com

Alamat air terjun ini tepatnya di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Butuh perjalanan 2 jam dari kota Waingapu untuk sampai di air terjun ini. Tergantung kendaraan dan juga medannya. Jalan mulus di 1 jam pertama dengan pemandangan savana dan pantai Puru Kambera. Selanjutnya belok kiri dengan jalan yang bergelombang dan cukup terjal. Butuh supir yang berpengalaman untuk menuju ke sana. Pemandangan perbukitan indah mengiringi perjalananmu untuk mencapai ke sana.

Setelah parkir kendaraan, kamu harus menuruni trek yang cukup curam lalu naik turun bukit untuk sampai di air terjun. Ketika jarak makin dekat, jalur makin curam karena menuruni bukit menuju ke sungai. Asalkan hati-hati bakalan aman-aman aja sih. Cuma harus siapkan fisik ekstra ya.

Buat kamu yang mau ke sana, nih simak tips dari Hipwee Travel. Mupeng kan pengen ke sana?

air terjun tanggedu via www.instagram.com

Advertisement

Nah buat kamu yang pengen ke sana sebaiknya kamu siapkan hal-hal yang penting. Pertama bawa kendaraan yang sehat ya, soalnya jalannya parah banget. Kedua, bawa bekal makanan, karena abis dari sana pasti lapar. Ketiga, jangan lupa bawa baju ganti karena pasti pengen nyebur kalau udah sampai sana. Keempat, pastikan kondisi tubuh kamu fit karena treknya lumayan bikin pegel. Bisa dibilang trek ke air terjun Tanggedu adalah trek tersulit di tempat wisata Sumba. Lebih sulit dari air terjun Waimarang.

Keindahan surga tersembunyi Tanggedu ini sudah nggak usah diragukan lagi. Yuk ke Sumba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/travel/air-terjun-tanggedu/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply