Berapa Lama Kita Bisa Hidup di Planet Lain? Ternyata Nggak Selama yang Dikira, Mau di Mars Sekalipun

Featured Image

Ilmuwan terkenal Elon Musk begitu ambisius membawa manusia untuk bisa tinggal di planet Mars, hijrah dari bumi yang sudah semakin penuh ini. Ia dan timnya tak hentinya melakukan riset berbiaya fantastis untuk menciptakan teknologi yang bisa membawa manusia ke Mars dan bertahan hidup di sana. Namun, kenyataannya, sampai detik ini kita masih aja bertahan di bumi~

Tapi Guys, ternyata hidup di luar angkasa tanpa bantuan baju astronot nggak semudah yang kita bayangkan. Walaupun ilmuwan bilang tinggal selangkah lagi sampai manusia bisa resmi menduduki planet Mars, tapi kenyataannya kondisi planet lain tidak seramah itu buat tubuh manusia. Seorang ahli astrofisika, Neil deGrasse Tyson, mengungkap lama kita bisa bertahan di planet lain selain bumi, seperti yang ditulis Curiosity. Hmm.. kira-kira di planet mana nih kita bisa bertahan paling lama?

1. Matahari: Meskipun bukan planet dan seberapa panasnya nggak usah ditanya, manusia katanya masih bisa bertahan hidup di sana selama… kurang dari sedetik 🙂

Lama hidup manusia di matahari via id.pinterest.com

2. Merkurius: Kalau di matahari kita bisa terbakar hanya dalam waktu kurang dari sedetik, di planet Merkurius kebalikannya, kita bisa mati membeku setelah 2 menit berada di sana

Lama hidup manusia di Merkurius via id.pinterest.com

Temperatur di Merkurius bisa mencapai minus 179 derajat celsius lo, Guys!

3. Venus: Sama seperti di Matahari, di Venus manusia juga cuma bisa bertahan selama kurang dari satu detik. Ya gimana mau hidup, wong temperaturnya 482 derajat celsius

Lama hidup manusia di Venus via id.pinterest.com

Tapi nilai plusnya, Venus punya gravitasi yang sama seperti Bumi. Ya, setidaknya kita masih bisa berjalan dengan normal sebelum akhirnya hangus terbakar~

4. Jupiter: Meski jadi planet terbesar di antariksa, hidup di planet Jupiter tetap bukan merupakan opsi terbaik. Pasalnya planet ini punya tekanan yang bisa menghancurkan tubuh kita berkeping-keping dalam waktu kurang dari 1 detik

Lama hidup manusia di Jupiter via id.pinterest.com

5. Saturnus, Uranus, Neptunus: Di tiga planet ini tekanan udaranya juga sama-sama bisa menghancurkan tubuh kita, seperti Jupiter. Dengan kondisi seperti itu manusia cuma bisa bertahan kurang dari 1 detik

Lama hidup manusia di Saturnus, Uranus, Neptunus via id.pinterest.com

Bagaimana dengan cincin Saturnus? Hmm, nggak usah berharap banyak deh…

6. Mars: Nah, sebagai planet yang sering disebut-sebut mampu jadi pengganti bumi, pada kenyataannya dengan temperatur dan kondisi planet Mars itu manusia cuma bisa bertahan di sana nggak lebih dari 2 menit saja lo

Lama hidup manusia di Mars via id.pinterest.com

Advertisement

Kata Tyson, suhu di Mars itu sangat dingin, udaranya pun tipis. Meski intensitas dinginnya nggak sampai bikin menggigil seperti suhu dingin di bumi, tapi tetap saja, berjalan-jalan di Mars dengan memakai berlapis-lapis baju hangat akan membuat kita lama-lama kehabisan napas.

Hingga detik ini, Bumi masih jadi tempat ternyaman bagi manusia untuk tinggal. Cuma di planet ini kita bisa bertahan hidup sampai 80 tahun bahkan ratusan tahun (kalau hidup sehat dan dikasih rezeki umur panjang sih ya…). Nah lo, jadi, apakah sebaiknya kita harus bersikap skeptis terhadap janji-janji ilmuwan soal pindah ke Mars? Hmm, menurutmu gimana nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/feature/manusia-hidup-di-planet-lain/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply