Liburan 3 Hari 2 Malam di Belitung, Ini Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Kalau lagi merencanakan liburan, pasti pengennya jalan-jalan minimal seminggu penuh deh. Selain mumet sama rutinitas sehari-hari, banyak banget destinasi yang harus didatengin di suatu kota. Apa daya, kadang kita nggak bisa liburan seminggu penuh. Mulai dari cuti yang sudah habis atau ada urusan yang nggak bisa ditinggal lama-lama. Ujung-ujungnya harus liburan memanfaatkan weekend atau nungguin long weekend dulu deh.

Biasanya jadwal liburan yang singkat emang suka bikin deg-degan sih. Soalnya takut nggak keburu eksplore tempat-tempat yang keren. Tenang-tenang! Kalau kamu cuma punya waktu liburan 3 hari 2 malem, bisa banget dapet liburan yang seru juga foto-foto kece buat diunggah di Instagram. Coba aja liburan ke Belitung, dijamin puas walaupun cuma liburan 3 hari 2 malam. Harus ke mana aja? Yuk, baca sampai habis!

1. Danau Kaolin, bekas lahan tambang yang instagramable banget

Danau kayak begini di Belitung langka banget lo… via www.istockphoto.com

Di hari pertama, kamu bisa berkunjung ke Danau Kaolin. Danau yang dahulunya lahan tambang kaolin ini terbengkalai dan kini menjadi objek wisata. Sejauh mata memandang, kamu bakal melihat hamparan air yang biru jernih dengan dikelilingi bukit bebatuan berwarna putih. Lokasinya juga nggak jauh dari kota Tanjung Pandan, kamu cuma butuh waktu 15 menit untuk ke danau cantik ini.

2. Kulineran Mie Belitung Atep, jangan lupa pesen es jeruk kunci yang segerrrr!

Bayangin mi disiram kaldung udang, beeeh nikmat/Raras P (dok. Pribadi) via cdn-image.hipwee.com

Setelah puas berfoto di Danau Kaolin, saatnya cicipi kuliner tersohor di Belitung. Mie berwarna kuning ini enak banget karena disiram kaldu udang dan dicampur irisan kentang rebus, udang, dan tahu. Kalau makan di sini, kamu juga wajib pesen es jeruk kunci. Rasanya segar banget diminum pas panas-panas abis keliling Belitung!

3. Rumah Adat Belitung, liburan sambil mengenal sejarah. Seru!

Di sini kamu juga bisa liat koleksi busana pernikahan Belitung, siapa tau jadi inspirasi/Raras P (dok. Pribadi) via cdn-image.hipwee.com

Masih jelajah kota, jangan lewatkan sejarah kota Belitung yang tersimpan di destinasi satu ini. Datanglah ke Rumah Adat Belitung yang lokasinya bersebelahan dengan kantor Bupati. Di rumah yang terbuat dari kayu bulin (kuat dan tahan lama kayak perasaan kamu~) ini, kamu bisa melihat desain rumah panggung khas Belitung serta pakaian pernikahan khas. Jalan-jalan sambil belajar sejarah nggak ada salahnya, ‘kan?

4. Pulau Lengkuas, kamu bisa lihat keindahan laut dari atas mercusuar

Siapin tenaga buat naik tangga 18 lantai ya!/Raras P (dok. Pribadi)

Advertisement

Di hari kedua, kamu bisa island hopping ke pulau-pulau kecil di Belitung. Tujuan pertama adalah Pulau Lengkuas. Nggak cuma indah, pulau kecil ini ternyata merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia lho! Selain bermain di pantai yang eksotis karena dikelilingi bongkahan batu granit, kamu juga bisa lihat keindahan Belitung dari ketinggian. Naik saja ke mercusuar, tapi siapkan tenaga ya karena kamu harus naik tangga sebanyak 18 lantai. Tapi rasa capeknya dijamin terpuaskan pas udah sampai atas. Percaya, deh!

5. Pantai Tanjung Tinggi, sunsetan di pantai Laskar Pelangi ini romantis banget

Romantis banget deh sunsetan di sini, sambil pasang lagu senja jadi syahdu/Raras P (dok. Pribadi) via cdn-image.hipwee.com

Setelah puas island hopping, luangkan waktu menikmati sunset di Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang terkenal karena film Laskar Pelangi ini ternyata beneran indah banget! Keindahannya lengkap banget deh! Bayangin pasir putih ditambah air laut yang berwarna hijau toska, udah gitu dikelilingi batuan granit yang instagramable. Kalau ke sini sore tambah lengkap, kamu bisa lihat sunset yang cantik banget.

6. Sekolah Laskar Pelangi, replika SD yang fenomenal dari film Andrea Hirata

Walaupun ini replika, kamu bisa merasakan rasanya jadi anak-anak Laskar Pelangi semangat belajar/Raras P (dok. Pribadi) via cdn-image.hipwee.com

Hari terakhir, saatnya jelajah Belitung ala film Laskar Pelangi. Destinasi pertama adalah replika SD Muhammadiyah Gantung. Kalau kamu udah nonton filmnya, pasti bakal terharu banget deh merasakan berada di ruangan kelas yang bangunannya udah reyot ini. Tapi muridnya nggak patah semangat buat tetap belajar di sekolah yang kondisinya udah memprihatinkan ini. Patut banget ditiru! Destinasi ini bisa jadi bahan refleksi agar kita tetap semangat lho!

7. Museum Kata Andrea Hirata, fix banget kamu bakal terinspirasi untuk berkarya kalo datang ke sini

Lukisan kata-kata di sini inspirasional banget, cocok buat kamu yang lagi gamblang sama hidup/Raras P (dok. Pribadi)

Sebelum ke bandara, mampirlah ke Museum Kata Andrea Hirata yang letaknya tak jauh dari Sekolah Laskar Pelangi. Museum ini memamerkan lukisan kata-kata Andrea Hirata yang bisa banget nyemangatin kita dalam berjuang. Salah satu lukisan kata yang bakal kamu temui adalah “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpimu”. Keren banget, kan? Kamu juga bisa lihat ruangan adegan film Laskar Pelangi. Salah satunya Ruang Mahar, tokoh yang tertarik banget sama kesenian.

Tuh, puas kan liburan singkat di Belitung? Banyak banget destinasi wisata yang bisa kamu datengin walau liburan nggak sampai seminggu. Eh kamu juga harus tahu, liburan ke Belitung itu nggak mahal kok. Buktinya, kamu bisa dapat harga pesawat nggak sampai Rp 500 ribu. Langsung aja pesan tiket pesawatnya di AirAsia karena lebih hemat. Bayangkan, harga tiket (one way) dihargai mulai dari Rp 400 ribu aja! Pesan sekarang, lebih hemat bukan?

Misalkan kamu pintar bagi waktu, masih ada banyak destinasi wisata di Belitung yang bisa kamu datangi. Misalnya Rumah Ahok, Kolam Bidadari, sampai Pantai Serdang. Yuk, langsung bikin itinerary-nya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/travel/liburan-3-hari-2-malam-di-belitung/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply