Paspor Terkuat di Dunia, Jepang dan Singapura Bersama di Peringkat Teratas. Bagaimana Paspor Indonesia?

Henley Passport Index merilis peringkat kekuatan paspor terbaru pada tanggal 1 Oktober kemarin. Lembaga ini memberi pemeringkatan pada kekuatan paspor dalam hal bisa mendapat fasilitas bebas visa di seluruh negara di dunia. Di akhir tahun ini, peringkat pertama diduduki oleh dua negara Asia, yakni Jepang dan Singapura. Wah negara tetangga kembali di peringkat nomer wahid ya. Jadi ngiri.

Bagi traveler, paspor yang kuat itu sangatlah penting. Bisa traveling ke banyak negara dengan budget yang murah karena nggak perlu bayar visa. Untuk negara kita tercinta Indonesia sih, huft, harus ngelus dada karena sedikit banget negara yang bisa didatangi tanpa visa. Jadinya harus ekstra duit buat bikin visa deh. Kalau nggak lolos? Ya udah ikhlasin.

Peringkat teratas untuk paspor terkuat di dunia diduduki oleh Jepang dan Singapura. Dua negara ini hampir mendapat bebas visa di seluruh negara di dunia yakni 190 negara

henley global ranking via www.henleypassportindex.com

Jepang dan Singapura berada di peringkat pertama karena mendapat bebas visa paling banyak di dunia yakni 190 negara. Beuh, hampir semua negara tuh. FYI, ada 196 negara di dunia yang diakui PBB. Cuma 6 negara aja yang nggak kasih bebas visa ke Jepang dan Singapura. Wow, bisa keliling dunia dengan mudah banget sih bagi warga Jepang dan Singapura.

Peringkat kedua ada negara Eropa yakni Finlandia dan Jerman, disertai Korea Selatan dengan bebas visa ke 188 negara. Denmark, Italia dan Luksemburg berada di posisi 3 dengan bebas visa ke 187 negara. Dua negara adidaya, Amerika Serikat dan Inggris tercecer di peringkat 7 dengan bebas visa ke 184 negara.

Untuk tahun ini Indonesia turun ke peringkat 73 dari peringkat sebelumnya. Ada 70 negara yang memberikan bebas visa ataupun visa on arrival ke Indonesia

peringkat indonesia via www.henleypassportindex.com

Indonesia berada di peringkat 73 di dunia dengan bebas visa hanya ke 70 negara. Itupun kebanyakan negara juga menerapkan visa on arrival, jadi nggak bener-bener bebas visa. Destinasi yang paling aman bebas visa ya paling cuma ASEAN dan beberapa negara di Amerika Selatan. Negara Eropa dan Amerika? Jangan harap deh kasih bebas visa ke Indonesia. Kalau traveling ke destinasi impian macam Korea, Prancis, Inggris, Amerika atau Kanada, ya harus bikin visa.

Advertisement

Indonesia ketinggalan jauh dari negara-negara ASEAN dari Singapura (1), Malaysia (12), Brunei (21), bahkan Timor Lester yang nangkring di peringkat 55. Bagaimana bisa negara muda pecahan dari Indonesia ini bisa dapat bebas visa ke 95 negara? Perlu diplomasi tingkat tinggi dari pemerintah agar negara lain mau memberikan bebas visa kepada RI. Mau sampai kapan begini-begini terus? Traveler bakal sangat dimudahkan bila tak perlu membayar visa ke luar negeri.

Mudah-mudahan tahun depan Indonesia masuk 10 besar? Hehehehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Sumberhttps://www.hipwee.com/travel/paspor-terkuat-dunia-2/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply